Hormon & fungsinya....

1 TRH TSH Tiroid yodium Hormone tiroid berfungsi perkembangan fetus,komsumsi oksigen dan produksi panas serta kardiovaskuler,simpatetik,dan pulmo. Jika kekurangan yodium terjadi pembesaran tiroid(penyakit gondok).
Pelepasan hormon tiroid dirangsang kelj adenohiposis.

2 GnRH FSH
LH Ovarium
Korpus Luteum testis 1) Esterogen
2) Progesteron
3) Testosteron Hormon Estrogen berfungsi untuk mematangkan telur,mengembangkan payu dara secara maksimal dan menebalkan dinding rahim.
Hormon Progesteron berfungsi mempertahankan ketebalan dinding rahim dan menghambat pertemuan ovum dengan sel sperma bila melebihi kapasitas yang seharusnya.
Hormon Testosteron berfungsi pengaturan gen,metabolisme anabolic,spermatogenesis dan tingkah laku pola pria. Ada 3 jenis estrogen yaitu estriol,estron,dan estradiol.
Progesteron menimbulkan umpan balik negative terhadap hipotalamus.
Kenjar ovarium dipengaruhi FSH.
Puncak sekresi LH tergantung estradional pada pertengahan siklus mentruasi.


3 CRH ACTH Adrenal Tiroid Hormone tiroid berfungsi perkembangan fetus,komsumsi oksigen dan produk panas serta kardiovaskuler,simpatetik,dan pulmo. Metabolisme hormon tiroid sekresi utama adalah T4.
Adrenal,sekarang ada obat yang struktur kimianya mirip kartikosteroid,bila digunakan pada olahragawan dapat meningkatkan prestasi dengan meningkatkan metabolisme.
4 PRIH PRL Gld mamae Hormon PRIH berfungsi menghambat hipofise dalam mensekresi prolaktin. Panhipopituitarisme atau kelenjar pituitary yang menyeluruh biasanya disebabkan oleh tumor jenis adenoma kromofob juga oleh adanya kerusakan vaskuler yang nampak pada sindroma Sheehan.
5 GHRIH GH Tulang panjang Hormon GH berfungsi metabolisme lemak,metabolisme karbohidrat,metabolisme protein,dan metabolisme protein. Growth hormon releasing inhibiting hormon menghambat hipofise dalam mensekresi growth hormone.
Sehingga sampai batas tulang panjang bila sudah maksimal tidak ada hormone yang dihasilkan.
Sekresi GH dipacu oleh stess,dopamine,dan kadar gula yang rendah.



HORMON_HORMON BESERTA FUNGSINYA

0 komentar:

Posting Komentar